Thursday, July 4, 2013

SUJUD

 Assalamualaikum wr.wb




أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ

"Yang paling dekat  seorang hamba  kepada Tuhannya adalah ketika ia dalam posisi sujud." (HR Muslim)


"Barangsiapa merendahkan diri di hadapan Allah, Allah akan mengangkat dia." (HR Muslim)


"Tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud ..." (48:29)Kata Doa berarti permohonan. Ini adalah komunikasi dan dialog antara seorang percaya dengan  Allah. Satu dapat memanjatkan doa di sembarang tempat, dalam bahasa apapun, dan dalam posisi apapun. Posisi terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT adalah melakukan  Sujud. Selama Sujud, Do'a yang lebih sering diterima oleh Allah. Posisi terbaik untuk dialog dengan Allah selama Sujud. Posisi terbaik untuk bertemu dengan Allah pada (yaitu, kematian) adalah berada di Sujud. Cara terbaik untuk bersyukur kepada Allah dan memuji-Nya adalah saat sujud. Untuk alasan ini Nabi (saw) mengatakan: "Posisi terdekat bahwa seseorang dapat dari Allah pada saat Sujood, sehingga tingkatkan Doa Anda '." (Ahmad, Muslim, Dawud)

Sujud di shalat, seorang Muslim mengatakan tiga kali: "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi, dan syukur bagi Dia." Rasul Allah (saw) berkata, "Lakukan Sujud dalam kelimpahan. Setiap kali Anda bersujud kepada Allah satu Sujud, Allah akan mengangkat Anda selangkah dan menghapus satu kesalahan untuk Anda."


Kebanyakan orang berasumsi bahwa "tanda" mengacu pada tanda fisik di dahi seseorang yang terkadang muncul ketika seseorang banyak bersujud . Namun ayat ini, Mujahid menyatakan bahwa "tanda" mengacu pada tanda kerendahan hati yang berasal dari khushoo '(pengabdian), dan ini hanya di dunya (dunia). Di akhirat, Al-Jalalain menggambarkannya sebagai cahaya dan cahaya di mana orang-orang ini akan diakui .

 Intinya adalah, fakta bahwa tanda ini hadir pada kulit dan ada perubahan warna dahi, tidak berarti bahwa seseorang benar dan tulus. Dengan cara yang sama, jika tanda ini tidak ada, itu tidak berarti bahwa seseorang gagal dalam doa-doanya. Dalam banyak kasus itu ada hubungannya dengan sifat dan sensitivitas kulit individu.

Wassalamualaikum wr.wb
 


No comments:

Post a Comment